Orang Sekolah Lebih Tinggi, Lebih Unggul

Orang Sekolah Lebih Tinggi, Lebih Unggul !!! Benar gak kalimat tersebut? Mari kita coba bahas gambarannya secara umum…

Ketika saya sedang ngobrol-ngobrol sama temen (bukan cewek loh), Tiba tiba keluarlah kalimat “Orang yang lususan sekolahan lebih tinggi, pemikirannya lebih luas dan berbeda dengan yang lulusan dibawahnya apalagi tidak sekolah mesti dia gak pernah belajar” dan saya pun jadi sedikit minder karena pendidikan saya dibawah temen saya itu. Mengapa begitu? kemudian saya sedikit merenung (gak lama-lama takut kesambet :D). Saya tanya “Mengapa?” dia jawab, “soalnya orang yang pendidikan lebih tinggi itu sering mendengar kata-kata di tempat belajarnya dan lingkungan sekitarnya” (kecuali yang sering bolos, gak termasuk).

Jadi ternyata itu masalah lingkungan dan pergaulan, dan tentunya juga termasuk para blogger yang tergantung apa yang sering dibacanya. Makanya di dalam hadits Rasulullah SAW, ada penjelasan masalah pergaulan dan lingkungan dan itu sangat mempengaruhi terhadap pembentukan karakter dan jati diri orang tersebut, dan tentunya semakin banyak wawasan maka pandangan kita kedepan lebih luas, berbeda dengan yang orang yang jarang bergaul atau bergaul hanya dengan yang temennya itu-itu saja apalagi sekolahnya dibawah standar yang biasanya pemikirannya cenderung lebih pendek.

Intinya, jika kita sering bergaul dengan orang lain dan berbeda-beda watak dan ilmunya, sering membaca, selalu ingin mencari ilmu dan sesuatu yang baru (tentunya yang positif) maka tidak ada bedanya orang yang sekolahnya lebih tinggi dengan orang yang tidak sekolah sama sekali, bisa jadi orang yang tidak sekolah tersebut bisa lebih unggul karena sering belajar (otodidak misalnya) dan lebih bijaksana dalam menentukan pilihan.

Apa manfaatnya jika wawasan kita luas? Di dalam setiap masalah yang dihadapinya selalu mencari solusi yang lebih baik walaupun bukan yang terbaik, dan ini memang penting untuk dunia nyata maupun dunia yang serba Online seperti sekarang ini (Bisnis online juga termasuk).

  • Jadi, mari kita sekarang kita mencari teman baru (jangan cewek melulu) dan berbincang sekali-sekali masalah bisnis ataupun yang positif lainnya
  • Mari budayakan membaca yang isinya berbobot (jangan novel & cerpen melulu).
  • Mari mencoba sesuatu yang baru
  • dan hal-hal positif lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *