Backup Blog WordPress Kamu

Trik ini jika digunakan dishared Hosting mungkin akan membuat load CPU tinggi, karena memproses Cronjob yang berlebihan

Barangkali ada yang pernah ngeblog atau punya website, baik personal ataupun perusahaan. Isi diblog tersebut sudah banyak dan postingnya juga sudah banyak. Biarpun baru 10 artikel khan sayang jika tidak ada backup sama sekali, tapi ternyata setelah beberapa lama ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, dan akhirnya bilang “Waduh… Ya ampunnn, Inna Lillahi… dan sebagainya” hingga sumpah jerapah juga disebutin, heheheh.

Sekarang waktunya untuk backup blog kamu sebelum terlambat, jika sudah terlambat ya sekaranglah dimulai untuk backup “Tidak ada kata terlambat untuk sebuah sukses” itu kata Orang Pinter eh Orang Bijak deng. Ada banyak cara untuk backup blog kesayangan kita ini, diantaranya adalah melalui PhpMyadmin yang ada di cPanel, dengan plugin wordpress, dengan memanfaatkan pihak ketiga.

Salah satu cara yang saya sarankan adalah dengan memanfaatkan pihak ke 3, sekarang sudah banyak yang mengintegrasikan service File Hosting seperti DropBox, BoxNet, iDrive dan lain sebagainya. Mereka rata-rata berbayar tapi menyediakan paket gratisan dari mulai 2 giga hingga 10 giga. Dan enaknya penyedia gratisan ini sudah terintegrasi dengan wordpress dan memanfaatkan plugin untuk wordpress. Dan selanjutnya Setelah temen blogger kita kena hacker yang jahat dan tmen blogger kita itu gak backup blognya dan akhirnya kamu bilang “Alhamdulillah… Gw gak kena musibah seperti itu, walaupun saya kena musibah tersebut, saya masih punya backupnya”

Trik ini jika digunakan dishared Hosting mungkin akan membuat load CPU tinggi, karena memproses Cronjob yang berlebihan

Rekomendasi dari saya, pake plugin wordpress yang telah terintegrasi dengan pihak ketiga yaitu:
Daftar DropBox disini
Download Plugin disini

Setelah daftar di DropBox dan menginstall pluginnya (install manual atau install otomatis sama aja) aktifkan plugin tersebut lalu cari settingan Dropbox di Dashboard WordPress kamu terus isi dengan username dan password yang di pakai pada waktu daftar di DropBox. Dengan cara ini kita dapat back up seluruh isi website, atau pun hanya databasenya ajah. Dicoba dulu aja ya jika ada yang kurang jelas boleh ditanyakan.

Sekian dulu, lain kali akan dijelaskan cara install dan konfigurasi plugin tersebut, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang lebih efektif dari cara diatas kasih tau ya, berbagi ilmu khan amal juga 😆


Artikel Lainnya

wordpress-prefix-install

Ganti Prefix Database di WordPress

Cara mengamankan blo..

Comment

  1. gunsmayer says:

    Mas YAng Baik,,,
    Gimana caranya klo back up seluruh isi website :)

    1. Kang Sawul says:

      Katanya sudah di backup lewat cPanel Full Backup 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *